Inilah Rpp Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
RPP K13 Matematika Kelas 5 SD Semester 1 ini kami bagikan sebagai pola untuk rekan guru pada kurikulum 2013 revisi gres yang mana Matematika, PJOK merupakan mapel yang diajarkan terpisah dari tematik kurikulum 2013 biasanya, Rencana pelaksanaan pembelajaran ini hanya sebagai rujukan bagi sahabat guru yang sekolahnya sedang mengimplementasikan kurikulum 2013.
Contoh RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 yang sudah kami rangkaikan indikator nya.
Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan dan melaksanakan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi persoalan dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
C. TUJUAN
1. Siswa bisa memahami arti dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
2. Siswa bisa menjelaskan dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
3. Siswa bisa memahami operasi bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
4. Siswa bisa mengidentifikasi persoalan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
5. Siswa bisa menuntaskan persoalan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga tiga.
D. MATERI
1. Bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memperlihatkan salam dan mengajak berdoa berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan aktivitas untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali aktivitas pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali bahan yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ihwal bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan beberapa soal latihan kepada siswa ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
• 152 x 82 = ….
• 252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Hasilnya;
• 152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
• 252 + 222 = 625 + 484 = 1109
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara ekspresi kepada teman-temanya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa memberikan manfaat berguru bilangan pangkat dan
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ihwal bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan beberapa soal latihan kepada siswa ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
• 152 x 82 = ….
• 252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Hasilnya;
• 152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
• 252 + 222 = 625 + 484 = 1109
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara ekspresi kepada teman-temanya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa memberikan manfaat berguru bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga yang dilakukan secara ekspresi di depan sahabat dan guru.
2. Akar pangkat dua
3. Akar pangkat tiga
4. Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
5. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
6. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
Pemetaan KD Kelas 5 Kurikulum 2013
Contoh RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 yang sudah kami rangkaikan indikator nya.
Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan dan melaksanakan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi persoalan dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
C. TUJUAN
1. Siswa bisa memahami arti dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
2. Siswa bisa menjelaskan dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
3. Siswa bisa memahami operasi bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
4. Siswa bisa mengidentifikasi persoalan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
5. Siswa bisa menuntaskan persoalan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga tiga.
D. MATERI
1. Bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memperlihatkan salam dan mengajak berdoa berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan aktivitas untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali aktivitas pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali bahan yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ihwal bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan beberapa soal latihan kepada siswa ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
• 152 x 82 = ….
• 252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Hasilnya;
• 152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
• 252 + 222 = 625 + 484 = 1109
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara ekspresi kepada teman-temanya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa memberikan manfaat berguru bilangan pangkat dan
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ihwal bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan beberapa soal latihan kepada siswa ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
• 152 x 82 = ….
• 252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Hasilnya;
• 152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
• 252 + 222 = 625 + 484 = 1109
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara ekspresi kepada teman-temanya ihwal bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa memberikan manfaat berguru bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga yang dilakukan secara ekspresi di depan sahabat dan guru.
DOWNLOAD RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
1. Bilangan berpangkat2. Akar pangkat dua
3. Akar pangkat tiga
4. Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
5. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
6. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
Pemetaan KD Kelas 5 Kurikulum 2013
Related Posts