Rpp Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 Integrasi Ppk, Literasi, 4C

 kurikulum gres ini sudah beberapa kali revisi RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 Integrasi PPK, Literasi, 4C
RPP K13 Revisi tahun 2017 pada kelas 2 SD ini kami bagikan untuk semester 1 kurikulum gres ini sudah beberapa kali revisi,
C. TUJUAN
1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa sanggup memasangkan simbol dengan suara sila-sila pada Pancasila dengan benar.
2. Dengan diberikan gambar teladan penerapan sila pertama Pancasila, siswa sanggup menyebutkan suara sila pertama Pancasila dengan benar.
3. Dengan  diberikan teladan penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa sanggup menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
4. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa sanggup memilih bab yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
5. Dengan  diberikan teladan penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa sanggup menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
6. Dengan diberi teladan gerakan dasar berjalan, siswa sanggup menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
7. Dengan diberi teladan gerakan dasar berjalan, siswa sanggup melaksanakan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

D. MATERI
1. Gambar perisai burung Garuda
2. Simbol-simbol pancasila.
3. Pengamatan gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
4. Gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana.
5. Melakukan permainan menirukan binatang berjalan.

E. PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan perilaku disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan ihwal pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran menyerupai tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , dongeng pandangan gres dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan ihwal apa
Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini
Ayo Mengamati
Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol pada Pancasila.
Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila.
Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Ayo Membaca
Siswa  bersama-sama membaca teks Pancasila menyerupai terdapat pada Buku Siswa.
Siswa memasangkan simbol dengan suara sila-sila pada Pancasila.

Ayo Menulis
Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian menuliskan suara sila yang sesuai.
Guru mengamati kemampuan siswa dalam memasangkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan yakni teliti.

Ayo Mengamati
Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
Siswa menyebutkan suara sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.
Guru memotivasi siswa semoga menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan acara beribadah di dalam keluarga.
Siswa mencari gosip mengenai contoh-contoh pengamalan sila pertama Pancasila. Kemudian, siswa sanggup memperlihatkan contoh-contoh penerapan sila pertama dalam kehidupannya.
Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupannya.
Guru mengamati pemahaman siswa mengenai pengamalan sila pertama pada Pancasila di rumah. (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1), perilaku yang dikembangkan yakni percaya diri.


Ayo Berdiskusi
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4 siswa.
Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut dipakai untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai materi diskusi di dalam kelompoknya.
Siswa menuliskan hasil diskusi pada daerah yang tersedia. Pertanyaan nomor 1 untuk mencapai KD 3.1 dan 4.1 Bahasa Indonesia.
Siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat dalam teks dongeng ihwal hidup rukun. Guru memakai Rubrik Penilaian 2 untuk mengamati kemampuan siswa.
Pertanyaan nomor 2, 3, dan 4 untuk mencapai KD PPKn (KD 3.1 dan 4.1).
Guru memakai Rubrik Penilaian 1 untuk mengamati kemampuan siswa.
Siswa menceritakan ihwal pengalamannya menerapkan sila kedua Pancasila di rumah.
Sikap yang dikembangkan pada acara diskusi ini yakni percaya diri dan santun. Pada acara diskusi diterapkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, mengomunikasikan).

Ayo Bermain Peran
Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.
Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan.
Siswa dibimbing guru untuk memperlihatkan pemfokusan pada ungkapan yang terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran, guru mengamati kemampuan siswa dalam melaksanakan percakapan menurut rubrik penilaian. Sikap yang diamati yakni percaya diri.

Ayo Berlatih
Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi).
Siswa memperagakan sesuai teladan guru (mencoba, menalar).
Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan beregu.

Ayo Mencoba
Pada halaman 19 siswa diajak untuk melaksanakan permainan menirukan binatang berjalan.
Petunjuk Permainan Hewan Berjalan:
  Siswa bangun melingkar, sedangkan guru bangun di tengah.
  Guru memberi kode nama hewan. Siswa menirukan gerakan binatang yang disebutkan guru.
  Pada ketika siswa menirukan gerakan hewan, guru mengacungkan jari menunjuk sebuah angka.
  • Tema Hidup Rukun 

0 Response to "Rpp Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 Integrasi Ppk, Literasi, 4C"

Posting Komentar