Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (Dhgtk)

Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) untuk Sekolah PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan panduan ini berisikan cara sesuai petujunuk teknis atau juknis,  Sistem isu data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal sanggup dilakukan secara harian dan sanggup juga dilakukan mingguan atau bulanan.

Untuk sanggup mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang sanggup dipakai sebagai kanal kedalam sistem :
  1. Login dengan userid kepala sekolah
  2. Login dengan userid operator dapodik 
Cara Penggunaan Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan, Bisa juga dilihat disini Login Sim Kehadiran Guru
Kedua userid tersebut terupdate datanya secara pribadi dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)

Cara Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan sehabis dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK sehabis 2 (dua) hari berhasil syncron.

Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga sajian utama yaitu
(1). Beranda; (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi. Seperti gambar dibawah ini 
Peran dan Tangggung Jawab
  • Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk: - Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK alasannya yaitu dilaksanakan secara full online - Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melaksanakan pengerjaan bolos online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah. - Segera melaksanakan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya bolos online (DHGTK) yang berkaitan pribadi dengan pemberi pertolongan profesi. - Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK - Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK - Memantau dan mengevaluasi petugas bolos online (DHGTK) setiap hari 
  • Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus) Peran dan tanggung jawab dari petugas bolos yaitu sebagai berikut : - Segera melaksanakan kiprah yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat kiprah yang diberikan - Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab - Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK  - Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK 
Browser  Browser internet modern mencakup :  Mozilla Firefox,  Google Chrome,  Opera, Comodo, UC Browser.  Akan tetapi dalam penggunaan DHGTK lebih dianjurkan untuk memakai Google Chrome. 

LOGIN SIM KEHADIRAN GURU

LOGIN OPERATOR/PETUGAS ABSEN SEKOLAH
Login Operator sekolah pada prinsipnya sama dengan login Kepala sekolah, hanya yang mebedakan pada login Operator/Petugas Absen sekolah mengenai hak Akses “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM” Pembuatan dan pencetakn SPTJM sanggup tampil bila login oleh Userid Kepala sekolah, sedangkan Login Operator/Petugas Absensi tidak ditampilkan, berikut langkah-langkah yang disajikan untuk operator/Petugas Absensi Sekolah : 

Alamat DHGTK Laman DHGTK yang dipakai yaitu sebagai berikut : - http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
http://223.27.144.195:2017/index.php

Download Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan

0 Response to "Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (Dhgtk)"

Posting Komentar