Aplikasi Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 Sd Semester 1

 aplikasi raport kurikulum 2013 revisi sebelumnya hanya saja yang membedakan kompetensi dasar yang mengalami revisi, aplikasi ini juga menimbulkan rujukan maupun Cetak dan Format Raport Kurikulum 2013 revisi baru Permendikbud no 23 tahun 2016 , jadi sangat memudahkan dalam penghitungan nilai K13 untuk jenjang sekolah dasar dari KI, 1 dan 2 komptensi spritual dan sosial, KI. 3 dan 4 Kompetensi pengetahuan dan keterampilan. komponen evaluasi ialah sebagai berikut kita deskripsikan.

Pengolahan Penilaian Sikap Hasil  K.I  1 dan K.I 2
penilaian sikap direkap oleh pendidik minimal dua kali dalam satu semester. Hasil evaluasi sikap ini akan dibahas  dan dilaporkan dalam bentuk deskripsi nilai sikap penerima didik. Langkah-langkah untuk menciptakan deskripsi nilai sikap selama satu semester:
a. Guru kelas dan guru mata pelajaran mengelompokkan atau menandai catatancatatan sikap penerima didik yang dituliskan dalam jurnal, baik sikap spiritual maupun sikap sosial.
b. Guru kelas menciptakan rekapitulasi sikap dalam jangka waktu satu semester (jangka waktu sanggup diadaptasi sesuai pertimbangan satuan pendidikan).
c. Guru kelas mengumpulkan catatan sikap berupa deskripsi singkat dari guru mata pelajaran (PJOK dan Agama) dan warga sekolah (guru ekstrakurikuler, petugas perpustakaan, petugas kebersihan dan penjaga sekolah).
d. Guru kelas menyimpulkan dan merumuskan deskripsi capaian sikap spiritual dan sosial setiap penerima didik. Berikut rambu-rambu rumusan deskripsi nilai sikap selama satu semester:
a. Deskripsi sikap memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
b. Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap penerima didik yang sangat baik,  baik,  cukup, atau perlu bimbingan.
c. Apabila penerima didik tidak mempunyai catatan apapun dalam jurnal, sikap dan sikap penerima didik tersebut diasumsikan baik.
d. Karena sikap dan sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilai sikap penerima didik dirumuskan pada final semester. Oleh alasannya itu, guru mata pelajaran dan guru kelas harus mengusut jurnal secara keseluruhan sampai final semester untuk menganalisis catatan yang menunjukkan perkembangan sikap dan sikap penerima didik.
e. Penetapan deskripsi final sikap penerima didik dilakukan melalui rapat dewan guru pada final semester.


Format evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2017

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan  KI.3 DAN KI.4
Penilaian pengetahuan dan keterampilan sanggup dilakukan secara terpisah maupun terpadu. Pada dasarnya, pada ketika evaluasi keterampilan dilakukan, secara pribadi evaluasi pengetahuan pun sanggup dilakukan.
Penilaian pengetahuan dan keterampilan harus mengacu kepada pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI-3 dan KI-4 pada periode tertentu

1) Penilaian Harian (PH)
Penilaian Harian dilakukan dalam bentuk tes tertulis, lisan, atau penugasan. Penilaian harian tertulis direncanakan menurut pemetaan KD dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu tema untuk setiap KD muatan pelajaran. Hal itu memungkinkan evaluasi harian dilakukan untuk KD satu muatan pelajaran atau adonan KD-KD beberapa muatan pelajaran sesuai kebutuhan. Sebelum menyusun soalsoal tes tertulis, guru perlu menciptakan kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis dilakukan untuk mencapai KD satu muatan pelajaran

2) Penilaian Tengah Semester (PTS)
Penilaian tengah semester dilaksanakan sesudah menuntaskan separuh dari jumlah tema dalam satu semester atau sesudah 8-9 ahad berguru efektif.  PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu materi pengolahan nilai rapor.
Soal atau instrumen Perguruan Tinggi Swasta disusun menurut muatan pelajaran sesuai dengan KD yang dirakit secara terintegrasi. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Swasta (NPTS) merupakan nilai tengah semester dan penulisannya memakai angka pada rentang 0-100.

3) Penilaian Akhir Semester (PAS)
dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Penilaian final semester (PAS) dan evaluasi final tahun (PAT) dilaksanakan sesudah menuntaskan seluruh tema dalam satu semester berguru efektif.  Penilaian final semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester serta sebagai salah satu materi pengisian rapor.
Instrumen evaluasi final semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun menurut muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD. Nilai dari evaluasi final semester ditulis NPAS dan nilai dari evaluasi final tahun ditulis NPAT. Penulisan nilai NPAS dan NPAT memakai angka pada rentang 0-100.
DOWNLOAD

0 Response to "Aplikasi Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 Sd Semester 1"

Posting Komentar