Download Rpp Matematika Kelas 4 Sd Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Matematika kelas 4 SD atau SD pada semester satu ini, merupakan lanjutan pada pemisahan Matematika di mapel tematik kurikulum 2013 edisi revisi, tak hanya pada RPP sebenarnya, namun pada silabus, prota dan promes juga bangun sendiri sifatnya pembelajaran matematika ini, berikut kami bagikan RPP K13 Matematika Kelas 4 SD Semester 1.
Contoh RPP Matematika SD K13 Revisi
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.2. Menjelaskan aneka macam bentuk cuilan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2. Mengidentifikasi aneka macam bentuk cuilan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
Indikator
3.2.1. Memahami bentuk dari penjumlahan dan pengurangan pecahan.
4.2.1. Menyajikan aneka macam bentuk penjumlahan dan pengurangan pecahan.
C. TUJUAN
1. Siswa bisa memahami aneka macam bentuk pecahan.
2. Siswa bisa menjelaskan aneka macam bentuk penjumlahan dan pengurangan pecahan
3. Siswa bisa menghitung/mencari penjumlahan dan pengurangan pecahan
4. Siswa bisa mengidentifikasi duduk masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan
5. Siswa bisa menuntaskan duduk masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan
D. MATERI
1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memperlihatkan salam dan mengajak berdoa berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan acara untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali acara pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali bahan yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Kegiatan Inti
A. Mengamati
1. Siswa mencermati klarifikasi guru mengenai cara penjumlahan dan pengurangan pecahan.
2. Menjelaskan cara menuntaskan duduk masalah terkait.
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya wacana bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami wacana penjumlahan dan pengurangan pecahan.
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa.
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya wacana cara mengubah pecahan.
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi wacana penyelesaian penjumlahan dan pengurangan cuilan dengan bimbingan guru.
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham wacana cara penjumlahan dan pengurangan pecahan.
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan soal latihan menghitung penjumlahan dan pengurangan cuilan campuran.
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara verbal kepada teman-temanya wacana penyelesaian penjumlahan dan pengurangan pecahan.
2. Siswa memberikan manfaat mencar ilmu cuilan dilakukan secara verbal di depan sahabat dan guru.
Contoh RPP Matematika SD K13 Revisi
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.2. Menjelaskan aneka macam bentuk cuilan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2. Mengidentifikasi aneka macam bentuk cuilan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
Indikator
3.2.1. Memahami bentuk dari penjumlahan dan pengurangan pecahan.
4.2.1. Menyajikan aneka macam bentuk penjumlahan dan pengurangan pecahan.
C. TUJUAN
1. Siswa bisa memahami aneka macam bentuk pecahan.
2. Siswa bisa menjelaskan aneka macam bentuk penjumlahan dan pengurangan pecahan
3. Siswa bisa menghitung/mencari penjumlahan dan pengurangan pecahan
4. Siswa bisa mengidentifikasi duduk masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan
5. Siswa bisa menuntaskan duduk masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan
D. MATERI
1. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memperlihatkan salam dan mengajak berdoa berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan acara untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali acara pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali bahan yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Kegiatan Inti
A. Mengamati
1. Siswa mencermati klarifikasi guru mengenai cara penjumlahan dan pengurangan pecahan.
2. Menjelaskan cara menuntaskan duduk masalah terkait.
B. Menanya
1. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya wacana bahan yang disampaikan
2. Siswa menanyakan klarifikasi guru yang belum di pahami wacana penjumlahan dan pengurangan pecahan.
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa.
C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya wacana cara mengubah pecahan.
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi wacana penyelesaian penjumlahan dan pengurangan cuilan dengan bimbingan guru.
3. Guru memperlihatkan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham wacana cara penjumlahan dan pengurangan pecahan.
D. Mencoba
1. Guru memperlihatkan soal latihan menghitung penjumlahan dan pengurangan cuilan campuran.
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara verbal kepada teman-temanya wacana penyelesaian penjumlahan dan pengurangan pecahan.
2. Siswa memberikan manfaat mencar ilmu cuilan dilakukan secara verbal di depan sahabat dan guru.
RPP Kelas Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 berikut contoh-contohnya.
Silahkan di unduh
Desimal (Download)
Bereksplorasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan (Download)
Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan (Download)
Mengubah Pecahan (Download)
Operasi Persen (Download)
Pecahan Biasa (Download)
Pecahan Campuran (Download)
Pecahan Senilai (Download)
Ujian Pecahan (Download)
Silahkan di unduh
Desimal (Download)
Bereksplorasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan (Download)
Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan (Download)
Mengubah Pecahan (Download)
Operasi Persen (Download)
Pecahan Biasa (Download)
Pecahan Campuran (Download)
Pecahan Senilai (Download)
Ujian Pecahan (Download)
0 Response to "Download Rpp Matematika Kelas 4 Sd Kurikulum 2013 Revisi Semester 1"
Posting Komentar