Cara Gampang Merumuskan Indikator Pada Kurikulum 2013
Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada kurikulum 2013 yang di revisi menjadi bab penting dalam mencapai titik kompetensi dasar dengan apa yang sanggup menjadi sasaran bagi guru pada acara berguru mengajarnya, maka dibutuhkan indikator pencapaian kompetensi, dalam merumuskan indikator tentunya ada kaidah-kaidah yang harus di cermati, berikut kami sedikit berbai isu perumusan indikator pada k13 terbaru ini.
Indikator yaitu sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk mengatakan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran, (Mulyasa, 2007:139).
Fungsi indikator antara lain sebagai pedoman dalam:
Menganalisis Indikator menurut tingkat UKRK kompetensi pada KD
Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya itu beropini bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan atau ranah) yang menempel pada diri penerima didik, yaitu:
a) Ranah proses berfikir (cognitive domain)
b) Ranah nilai atau sikap (affective domain)
c) Ranah keterampilan (psychomotor domain)
Muatan Pelajaran: PKn (BG Kelas 1, T 6 ST 1 PB 1 Hal:3)
KD 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah
Mengidentifikasi =C1 ( Mengingat ) Taksonomi Bloom
Indikator:
3.2.1 Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Selengkapnya
DOWNLOAD
Indikator yaitu sikap yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk mengatakan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran, (Mulyasa, 2007:139).
Fungsi indikator antara lain sebagai pedoman dalam:
- mengembangkan materi pembelajaran atau materi ajar,
- mendesain acara pembelajaran
- merancang dan melakukan evaluasi hasil belajar
- Indikator dirumuskan dari KD
- Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang sanggup diukur
- Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, terperinci dan gampang dipahami.
- Tidak memakai kata yang bermakna ganda
- Hanya mengandung satu tindakan.
- Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan penerima didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah;
Menganalisis Indikator menurut tingkat UKRK kompetensi pada KD
Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya itu beropini bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan atau ranah) yang menempel pada diri penerima didik, yaitu:
a) Ranah proses berfikir (cognitive domain)
b) Ranah nilai atau sikap (affective domain)
c) Ranah keterampilan (psychomotor domain)
Muatan Pelajaran: PKn (BG Kelas 1, T 6 ST 1 PB 1 Hal:3)
KD 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah
Mengidentifikasi =C1 ( Mengingat ) Taksonomi Bloom
Indikator:
3.2.1 Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Selengkapnya
DOWNLOAD
0 Response to "Cara Gampang Merumuskan Indikator Pada Kurikulum 2013"
Posting Komentar